Sabtu, 01 Januari 2022

Berapa Lama Pencairan Dana Jamsostek Via Transfer Yang Paling Cepat?

Berapa Lama Pencairan Dana Jamsostek - Jamsostek atau dana Jaminan Hari Tua, bisa kita cairkan setelah tidak lagi bekerja pada suatu perusahaan. Untuk bisa mencairkan dana ini, kita bisa datang ke kantor Jamsostek, yang kini bernama BPSJ Ketenagakerjaan. Lalu, berapa lama pencairan dana Jamsostek via transfer bank? Menurut aturan, transfer tersebut membutuhkan waktu paling lama 14 hari kerja sejak proses pengurusan dilakukan. Tetapi dalam 3 hari pun kita sudah bisa menerima transfer dana Jaminan Hari Tua atau JHT. Agar proses pencairan bisa berlangsung cepat dan lancar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah: 

pencairan bpjs ketenagakerjaan berapa hari,berapa lama jamsostek bisa cair,waktu pencairan dana jht,pencairan jht di bank bri,klaim jamsostek cair,jangka waktu pencairan jamsostek,
Jenis Operasi dan Penyakit Yg Ditanggung BPJS
1. Data diri yang benar
Salah satu hal yang sangat mempengaruhi lamanya waktu pencairan dana JHT adalah data diri yang terdaftar pada kantor Jamsostek atau BPJS. Data diri yang benar tentu akan memperlancar proses pencairan dana. Karena itu, sebelum kita meninggalkan perusahaan tempat bekerja, sebaiknya minta pihak HRD untuk memastikan kebenaran data-data tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya salah ketik atau adanya data yang tertukar. Nama dan periode kerja yang tercantum dalam Surat Pengalaman Bekerja yang dibuat HRD juga harus benar. 

2. Menutup kepesertaan Jamsostek
Berapa lama Jamsostek bisa cair juga ditentukan oleh tanggal saat perusahaan melakukan penutupan kepesertaan kita dalam Jamsostek. Hal ini mengingat pengurusan JHT hanya bisa dilakukan setelah satu bulan masa tunggu. Jika penutupan terlambat dilakukan, maka perhitungan masa tunggunya juga akan mundur. Selain itu pastikan juga kita belum terdaftar lagi menjadi peserta Jamsostek di perusahaan baru. Jika sudah didaftarkan, maka proses pencairan dana dapat terhambat. 

3. Syarat administrasi yang lengkap
Kelengkapan persyaratan administrasi menjadi penentu berapa lama pencairan dana Jamsostek via transfer. Jika kita harus bolak balik dari dan ke kantor BPJS saat pengurusan pencairannya karena dokumen yang tidak lengkap, maka dapat dipastikan waktu akan terbuang percuma. Karena itu sebelum berangkat, siapkan persyaratan-persyaratan tersebut dengan lengkap dan benar, termasuk juga dengan fotocopy-nya. 

4. Memilih kantor Jamsostek
Memilih kantor Jamsostek menjadi salah satu cara yang bisa ditempuh agar proses pencairan JHT dapat berlangsung lebih cepat. Sangat disarankan untuk tidak memilih kantor Jamsostek yang letaknya berdekatan dengan sebuah kawasan industri ataupun pabrik-pabrik besar yang jumlah karyawannya mencapai ribuan. Kantor-kantor tersebut biasanya akan dipenuhi pekerja yang melakukan pengurusan BPJS atau Jamsostek. 

Berapa lama pencairan dana Jamsostek via transfer umumnya memakan waktu yang relatif sama untuk semua bank. Buku tabungan yang asli dan fotocopy dari halaman pertamanya harus kita lampirkan jika ingin dana Jamsostek dicairkan dengan cara transfer. Agar tidak perlu berulang-ulang ke kantor BPJS, sebaiknya kita juga meminta nama serta nomor telepon petugas atau penanggung jawab yang bisa dihubungi jika dana belum juga diterima.