Sabtu, 01 Januari 2022

2 Cara Check Saldo BPJS Kesehatan Paling Praktis

2 Cara Check Saldo BPJS Kesehatan - Iuran BPJS akan jatuh tempo pada setiap tanggal 10 setiap bulannya. Jika Anda seorang karyawan, biasanya iuran BPJS Kesehatan akan secara otomatis dipotong dari pendapatan bulan Anda. Tapi jika Anda adalah peserta BPJS Kesehatan mandiri atau perorangan, maka Anda secara sadar dan aktif harus membayar sendiri iuran tersebut. Terkadang kita jadi lupa berapa tagihan BPJS ketika tidak secara rutin di bayar. Nah, agar tahu berapa tagihan Anda, silakan check saldo BPJS Kesehatan menggunakan cara di bawah ini. 

cek saldo bpjs ketenagakerjaan,bpjs kesehatan,www.bpjsketenagakerjaan.go.id cek saldo jht,cek saldo bpjs ketenagakerjaan via sms,registrasi bpjs ketenagakerjaan,bpjs online,klaim bpjs,
Dapatkan Berbagai Informasi Mengenai BPJS Kesehatan
Sebetulnya, jika Anda biasanya membayar iuran BPJS melalui ATM, Anda otomatis akan mengetahui berapa nominal yang harus Anda bayarkan. Namun, jika Anda biasanya membayar melalui kantor BPJS Kesehatan atau wahana lainnya, Anda dapat mencoba cara mengetahui saldo BPJS Kesehatan melalui internet atau menggunakan fasilitas SMS Gateway melalui ponsel Anda. Kedua cara ini adalah cara mengecek tagihan iuran BPJS Kesehatan yang sangat praktis dan gampang. 

Check saldo BPJS Kesehatan melalui internet adalah dengan membuka situs resmi BPJS Kesehatan, yaitu http://BPJS-kesehatan.go.id. Kemudian setelah berhasilan masuk, silakan Anda pilih menu Cek Pembayaran Iuran yang terdapat pada bagian kanan halaman website tersebut. Jika sudah muncul tampilan cek pembayaran iuran, silakan masukan kolom dengan 13 digit terakhir Nomor Kartu BPJS Kesehatan Anda. Setelah itu, masukan tanggal lahir, serta angka validasi halaman yang tertera disana. Jika sudah, klik Cek. 

Tunggu beberapa saat maka akan muncul informasi yang berisi identitas Anda sebagai peserta BPJS Kesehatan. Kemudian, informasi mengenai rincian saldo atau jumlah iuran yang telah dibayarkan. Termasuk jika ada tunggakan, kekurangan termasuk kelebihan saldo apabila ada. Cara cek iuran BPJS melalui internet mudah sekali bukan. Anda bisa mengecek melalui perangkat PC/Laptop maupun ponsel android Anda. Pastikan Anda memiliki kuota internet dan menyiapkan kartu BPJS Anda untuk memasukan nomornya. 

Cara berikutnya adalah memanfaatkan SMS Gateway. Ini merupakan layanan informasi melalui pesan singkat yang bisa Anda akses dengan mudah melalui handphone Anda. Untuk check saldo BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan mengirimkan SMS. Format SMS yang Anda kirim adalah ketik TAGIHAN(Spasi)Nomor BPJS Kesehatan Anda, lalu kirim ke 08777-5500-400. Jika Anda ingin mengetahui format penulisan pesan SMS Gateway BPJS Kesehatan, cari informasinya dengan mengetik HELP kirim ke nomor 08777-5500-400.

Baik SMS Gateway maupun melalui internet, keduanya adalah cara check saldo BPJS Kesehatan yang gampang dan aman. Informasi kepesertaan BPJS termasuk iuran, tagihan, saldo dan lain sebagainya adalah informasi pribadi, jadi pastikan Anda hanya mendapatkannya dari website resmi BPJS Kesehatan atau melalui nomor SMS Gateway diatas. Informasi dari pihak lain di luar sumber tersebut belum tentu bisa dipertanggungjawabkan.